Pages

Sabtu, 13 Oktober 2012

PRINSIP PRINSIP AKUNTANSI

PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
a. Kesatuan Akuntansi
Yang dimaksud dengan kesatuan akuntansi adalah keastuan ekonomi yang berdiri sendiri atau saling terpisah antara kesatuan ekonomi perusahaan dengan kesatuan ekonomi pemilik perusahaan atau lainnya. Contoh : harta adanya pemisahan antara harta perusahaan dengan harta pemiliknya.

b. Kesinambungan
Artinya adalah perusahaan didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas, transaksi-transaksi keuangan perusahaan setiap periode selalu berkesinambungan atau berkaitan. Contoh : Suatu gedung mempunyai nilai ekonomis 10 tahun dan tiap tahun disusutkan sebesar 10.000.000 maka tiap tahun perusahaan harus mencatat beban penyusutan gedung sebesar 10.000.000
.
c. Periode Akuntansi Peride Akuntansi
adalah jangka waktu perusahaan dalam membuat laporan keuangan. Misal pada umumnya periode akuntansi dimulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Desember (1 tahun) maka lapora keungan yang dihasilkan hanya satu kali selama satu tahun.

d. Pengukuran dalam Nilai Uang
Artinya nilai aktiva dan kewajiban serta perubahannya diukur dengan nilai uang

 e. Harga Pertukaran Harga Pertukaran
 adalah jumlah uang yang harus dibayar atau diterima untuk transaksi yang bersangkutan

 f. Penetapan Beban dan Penghasilan Penetapan laba dilakukan secara periodik dengan menggunakan dasar waktu. Laba diperoleh dari pengakuan beban dan penghasilan dalam suatu periode.

0 komentar:

Posting Komentar